Rabu, 05 Juni 2013

Museum Ginseng, Mengenal Beragam Kuliner Ginseng Dari Korea Selatan

Kuliner khas Korea Selatan bukan  hanya kimchi, dengan segala kekhasan KPOP, dan drama yang sangat menyentuhnya. Namun, negara satu ini terkenal dengan ginsengnya. Jika anda sedang melakukan wisata ke Korea Selatan, anda dapat mengunjungi Museum Ginseng di Geumsan.

Museum Ginseng yang ada di Geumsan, Chungcheongnamdo, Korea Selatan selalu buka untuk umum pada pukul 09.00 hingga 16.00. Museum ini didirikan di Geumsan karena mengingat daerah ini adalah merupakan daerah penghasil ginseng terbesar di Korea Selatan.

Dalam museum yang terbuka ini terdapat banyak hal yang menambah pengetahuan anda tentang ginseng. Anda dapat mengenal dan tahu sejarah produksi ginseng lokal. Dipamerkan juga artefak, berbagai bentuk ginseng yang unik, dan display produk olahan ginseng.

Ada banyak manfaat dari ginseng yang menjadi hasil dari aneka penelitian akan diulas dengan lengkap di museum tersebut. Informasi disampaikan dengan tulisan dengan bahasa Korea dan Inggris. Ginseng Korea juga menjadi salah satu kuliner khas Korea Selatan. Manfaatnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kinerja otak, dan mengobati infertilitas pria.

Tidak hanya dimakan dengan merebus akarnya, ginseng juga dapat hadir dengan banyak olahan seperti menjadi minuman, teh, sandwich, burger, jeli, dan lainnya. Di museum ini terdapat beragam contoh produk dan kuliner tiruan yang berbahan baku ginseng.

Umumnya ginseng mempunyai bentuk sama dengan tubuh manusia, dengan akar yang menjadi tangan dan kaki. Namun ada juga ginseng-ginseng dengan bentuk unik. Seperti ada ginseng yang bernama 'Super Fighter' karena mirip seorang petarung. Ada juga ginseng laki-laki karena memiliki 'penis' dan ginseng perempuan dengan bentuk kaki perempuan.


Pada September hingga 15 September, di Museum Ginseng akan diadakan Festival Ginseng. Selain terdapat pameran ginseng, para pengunjung dapat mencoba beragam terapi kesehatan. wisatawan yang melakuakan wisata ke Korea Selatan juga dapat menggali ginseng dan membuat kue beras sendiri atau kuliner khas Korea Selatan yang lainnya. Acara lainnya yaitu kontes memasak ginseng, lomba maraton, kontes menyanyi, kuis tentang ginseng dan obat herbal, dan lainnya.

1 komentar:

  1. kepingin sekli ke museum ini rasanya.. hmm... dont forget mampir ke blogku ya : http://koreabahasa.blogspot.com/

    BalasHapus